15 Ide Peluang Bisnis yang Menguntungkan Saat Bulan Ramadhan Tiba

Ragam ide peluang bisnis di bulan Ramadhan yang paling menguntungkan adalah dengan memanfaatkan moment dimana saat seluruh umat muslim sedang giat beribadah puasa sampai merayakan hari raya. ada beberapa jenis peluang usaha menjanjikan yang bisa dijalankan untuk menambah penghasilan saat bulan Ramadhan.

Sudah menjadi tradisi saat bulan suci Ramadhan, umat muslim menyambutnya dengan suka cita. Ya, betul sekali bulan suci Ramadhan adalah bulan untuk berpuasa sebulan penuh dan lebih dekat dengan Allah SWT. Di bulan Ramadhan ini Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi yang menjalankan puasa dan di akhir bulan, umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Dilihat dari segi agama, bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah karena Allah akan melipatgandakan pahala bagi semua amal ibadah yang dilakukan hamba-Nya. Namun, tahukah Anda? Bulan berkah membawa berkah juga di segi bisnis. Di Indonesia sudah menjadi tradisi saat bulan Ramadhan, muncul berbagai bisnis dadakan yang menggiurkan untuk ditekuni. Selain itu, menjelang Hari Raya Idul Fitri, di Indonesia ada tradisi mudik ke kampung halaman. Nah, saat mudik tersebut ada juga ide bisnis usaha yang dapat dijadikan ladang rezeki.

15 Ide Peluang Bisnis yang Menguntungkan Saat Bulan Ramadhan

Bagi orang-orang yang memiliki jiwa bisnis, bulan Ramadhan ini tidak dilewatkan begitu saja. Mereka berlomba-lomba membuat bisnis usaha yang cocok saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Bisnis usaha yang cocok saat bulan Ramadhan dan Hari Raya dapat berupa jual produk barang dan jasa. Dan tentunya bisnis ini trend di bulan Ramadhan setiap tahunnya. Nah, apa sajakah bisnis usaha yang cocok saat bulan Ramadhan? Yuk, simak 13 bisnis yang cocok saat bulan Ramadhan berikut ini.

1. Menjual Aneka macam menu Takjil

Tradisi yang tidak terlupakan saat bulan Ramadhan adalah suasana menunggu buka puasa yang biasa disebut ngabuburit. Saat ngabuburit, kebiasaan masyarakat di Indonesia berlomba-lomba membeli makanan pembuka untuk berbuka puasa atau disebut takjil. Usaha aneka macam menu takjil ini cukup menggiurkan bagi yang tekun menjalaninya, karena dapat mendatangkan untung besar.

Untuk membuka usaha aneka macam menu takjil ini, Anda tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Oleh karenanya, mulailah dari yang kecil, seperti menjual minuman takjil es teh manis, cappucino cincau, aneka macam jus buah, sop buah atau minuman lainnya yang menyegarkan saat berbuka puasa. Anda dapat menjual minuman takjil dengan harga yang sesuai sehingga dapat menarik pembeli, seperti harga es cappucino cincau Rp6000,00.

Anda juga dapat membuat ide kreatif, seperti membuat makanan takjil kolak cincau, aneka jajanan pasar, martabak manis mini, puding jagung atau makanan kecil lainnya yang cocok untuk takjil. Tentunya bisnis usaha makanan takjil ini dijual dengan patokan harga yang sesuai di kantong masyarakat namun tetap bisa mendatangkan untung yang berlimpah.

2. Usaha Katering untuk Menu Buka Puasa dan Sahur

Saat bulan Ramadhan ada yang namanya saat berbuka dan sahur. Saat berbuka dilakukan saat memasuki waktu Magrib sedangkan saat sahur dilakukan sebelum Subuh. Nah, saat berbuka puasa dan sahur juga dapat dijadikan bisnis usaha karena biasanya saat bulan Ramadhan, beberapa orang tidak sempat memasak. Anda dapat membuka usaha katering untuk menu berbuka puasa dan sahur.

Bisnis usaha katering untuk menu berbuka puasa dan sahur dapat dijadikan peluang usaha yang mendatangkan banyak keuntungan. Apalagi bagi Anda yang tinggal di sekitar rumah kos untuk mahasiswa atau karyawan/karyawati. Jika Anda ingin membuka bisnis katering ini, Anda harus pandai-pandai mengombinasikan menu makanan agar pelanggan Anda tidak bosan, seperti saat berbuka puasa Anda menyediakan sayur sop hangat, perkedel dan ayam goreng.

Menekuni bisnis usaha katering menu buka puasa dan sahur ini harus pandai mengolah makanan dan mengombinasikannya. Anda juga dapat memberikan paket murah jika pelanggan memesan katering menu berbuka puasa dan sahur dalam satu paket. Untuk menjalani bisnis katering ini, Anda dapat menawarkan jasa antar katering ke tempat customer atau customer dapat mengambilnya sendiri. Hal yang utama dalam menjalani bisnis ini adalah keuletan dan pelayanan pelanggan. Baca juga: 10 Tips Membuka Usaha Makanan yang Sukses

3. Jualan Busana Muslim

Bulan Ramadhan adalah bulan suci umat muslim. Di bulan Ramadhan ini, baik pria dan wanita memaksimalkan ibadah dari hal sekecil apapun, seperti berpakaian tertutup atau berbusana muslim dalam keseharian. Nah, kesempatan seperti ini jangan Anda lewatkan karena Anda dapat membuka usaha busana muslim bahkan dapat Anda lanjutkan sebagai usaha tetap.

Bisnis usaha busana muslim ini cukup menjanjikan tidak hanya di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri saja. Hal tersebut karena trend masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim memiliki kecenderungan untuk memakai busana muslim terutama bagi wanita. Untuk memulai usaha busana muslim ini, Anda tidak perlu memikirkan modal yang Anda punya karena ada usaha busana muslim yang tanpa modal atau bermodal kecil dengan cara menjadi reseller dan dropshippe produk busana muslim.

4. Usaha Jual Perlengkapan Ibadah untuk Umat Muslim

Sudah bukan tradisi lagi, di Indonesia saat bulan Ramadhan, masyarakat muslim Indonesia memperbanyak ibadah. Saat beribadah, umat muslim menggunakan perlengkapan yang mendukung, seperti sajadah untuk shalat, tasbih, Alquran untuk tadarrus, baju kokoh, sarung dan kopiah untuk shalat bagi laki-laki, mukena untuk shalat bagi perempuan. Semua itu dapat Anda jadikan bisnis yang cocok saat bulan Ramadhan.

Bisnis usaha perlengkapan ibadah untuk umat muslim ini akan meningkat saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, mengapa? Karena saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak orang membeli perlengkapan shalat sebagai hadiah untuk sanak saudara saat bersilahturahmi. Anda dapat membuka usaha perlengkapan ibadah ini dengan berbagai varian harga sehingga dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Anda juga dapat membuka usaha ini secara online sehingga pasar Anda menjangkau ke seluruh wilayah di Indonesia.

5. Jualan Sepatu dan Sandal

Pada bulan Ramadhan, terutama saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, produk yang laku keras bukan hanya baju lebaran ataupun celana, akan tetapi sandal dan sepatu pun banyak diminati. Jika anda jalan-jalan ke toko sepatu dan sandal saat bulan puasa atau menjelang lebaran, anda akan melihat banyak orang berbelanja sandal atau sepatu. Hal ini menandakan bahwa di saat itu kebutuhan akan alas kaki ini sangat tinggi.

Tentunya wajar, karena di hari lebaran tentunya akan terlihat aneh jika memakai baju dan celana baru tapi alas kakinya terlihat jelek. Tentunya selain membeli baju dan celana mereka juga akan membeli sandal dan sepatu baru, agar terlihat serasi. Di sinilah peluang yang bisa anda manfaatkan. Adanya kenyataan bahwa terdapat orang yang malas berbelanja merupakan suatu keuntungan tersendiri. Anda bisa menjual produk sepatu dan sandal kepada mereka secara langsung. Baik jualan secara offline maupun jualan online.

Usaha sandal dan sepatu ini bisa juga anda gabungkan dengan usaha busana muslim dan peralatan sholat. Selain itu, anda juga bisa menggunakan sistem reseller maupun dropship sebagaimana dalam berjualan baju dan perlengkapan sholat.

Sebagaimana dalam menjual baju dan alat sholat, perhatikan juga variasi harga agar bisa terjangkau oleh semua kalangan. Dengan begitu peluang kesuksesan anda dalam berjualan akan makin besar. Saat memilih jenis bisnis di bulan Ramadan jangan hanya fokus pada bisnis yang berhubungan dengan bulan itu sendiri, tapi juga fokuskan pada berbagai bidang usaha yang berkaitan dengan saat Hari Raya dan pasca lebaran Idul Fitri.

6. Usaha Jualan Kurma

Bukan rahasia lagi, kurma adalah buah yang selalu dicari saat bulan Ramadhan. Buah yang berasal dari negeri para Nabi ini sangat dicari di Indonesia karena memang buah ini tidak dapat tumbuh subur di Indonesia. Nah, kesempatan ini dapat Anda jadikan sebagai bisnis usaha saat bulan Ramadhan. Anda dapat mencari agen kurma yang ada di Indonesia dengan harga murah.

Saat bulan Ramadhan permintaan buah kurma akan meningkat karena tradisi masyarakat yang tidak sah jika berbuka tidak makan kurma. Kesempatan tersebut adalah peluang bisnis yang cocok saat Ramadhan, Anda dapat menjual buah kurma secara offline maupun online.

7. Usaha Kue Kering

Di Indonesia tradisi yang tidak dapat dihilangkan adalah selalu ada kue kering saat Hari Raya Idul Fitri. Namun, pada dasarnya kue kering tidak hanya ada saat hari raya saja melainkan saat berbuka puasa pun masyarakat juga doyan kue kering. Peluang tersebut dapat Anda jadikan bisnis usaha yaitu menjual kue kering.

Permintaan kue kering akan meningkat saat menjelang Hari Raya Idul Fitri akibatnya penjual kue kering mendapatkan untung berlimpah. Anda dapat membuka usaha jualan kue kering, seperti kastengel, nastar, kue kacang, putri salju dan variasi kue kering lainnya.

Di samping bisa menjadi bisnis sampingan, usaha kue lebaran ini juga bisa anda lanjutkan menjadi bisnis yang berkelanjutan hingga setelah lebaran usai. Anda bisa buka toko kue, atau bisa juga membuat home industry kue dan camilan, baik dengan sistem preorder maupun selalu menyediakan stok (ready stock).

Jika anda memang mempunyai minat dalam bisnis kue dalam jangka panjang dan ingin anda jadikan sebagai bisnis utama anda, saat puasa dan jelang Hari Raya Idul Fitri adalah saat yang tepat untuk memulai usaha anda. Demand (permintaan) yang luas akan mempermudah anda untuk memulainya. Di samping itu juga bisa anda jadikan saat yang tepat untuk menggaet pelanggan. Banyaknya orang yang butuh akan memberikan peluang bagi anda untuk mendapatkan konsumen yang relatif besar. Jika mereka puas dengan produk buatan anda, saat mereka membutuhkan kue di hari-hari biasa ada kemungkinan yang cukup besar bahwa mereka akan membeli dari anda.

Anda dapat memulai bisnis ini dengan modal kecil namun mendatangkan keuntungan yang besar. Anda dapat menjual kue kering dengan harga yang bervariasi dan dikemas dengan wadah yang menarik sehingga pembeli tertarik dengan kue kering yang Anda jual.

8. Usaha Parsel Lebaran

Usaha parsel lebaran juga dapat dijadikan bisnis yang cocok saat bulan Ramadhan karena menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat berlomba-lomba mengirim parsel ke sanak saudara. Kesempatan tersebut dapat dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan. Jika Anda memulai membuka usaha parsel ini, Anda harus mempunyai ide kreatif dalam mengemas parsel.

Pengemasan parsel lebaran menjadi daya tarik konsumen untuk memesan parsel usaha Anda. Oleh karenanya dibutuhkan kreativitas dalam mengemas parsel, seperti Anda mengombinasikan isi parsel berupa kue kering dan minuman ringan.

Selain itu, Anda juga dapat membuat parsel yang berisi perlengkapan ibadah untuk umat muslim. Biasanya harga 1 paket parsel cukup mahal tergantung isi parsel itu sendiri, namun keuntungan yang didapat pun besar, mengapa keuntungannya besar? Karena tradisi masyarakat Indonesia yang melakukan silahturahmi dengan saling berkirim parsel kepada sanak saudara, kerabat dan rekan bisnis.

9. Usaha Jasa Pengiriman Barang atau Ekspedisi

Trend online shopping membuat usaha pengiriman barang atau jasa ekspedisi semakin marak di Indonesia. Bagi yang telah membuka usaha jasa ini sangat menguntungkan apalagi saat bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Usaha pengiriman barang ini sangat dicari masyarakat karena saat bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak orang mengirimkan paket ke sanak saudara, kerabat dan kolega yang berbeda daerah bahkan provinsi.

Jadi tunggu apalagi bagi Anda yang berminat membuka usaha pengiriman barang ini, dari sekarang Anda dapat mencari rekanan bisnis penyedia transportasi penyedia ekspedisi.

Selain itu, Anda dapat bekerja sama dengan jasa perusahaan transportasi baik darat, udara maupun laut. Jika Anda menekuni usaha pengiriman barang secara ulet maka keuntungan berlimpah pun jadi milik Anda.

10. Membuka Usaha Agen Penyaluran Asisten Rumah Tangga (ART)

Saat lebaran tiba, kota-kota besar seperti Jakarta biasanya tiba-tiba agak lengang. Itu terjadi karena sebagian besar orang yang mukim di Jakarta adalah para pendatang. Kebanyakan mereka akan mudik saat lebaran tiba.

Hal itu berakibat keluarga-keluarga berada yang ada di kota-kota besar menjadi kesulitan dalam mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan urusan rumah tangga seperti memasak, mencuci dan menyetrika pakaian. Karena pekerjaan-pekerjaan itu sudah biasa diurus oleh asisten rumah tangga (pembantu rumah tangga).Di sinilah peluang bagi anda untuk mendapatkan penghasilan. Yaitu dengan menawarkan kepada mereka ART selama ART yang aslinya mudik. Dalam bisnis ini tentunya anda harus punya jaringan yang cukup, terutama dalam merekrut ART.

Ada juga keluarga di perkotaan yang mudik sekeluarga, sehingga tidak ada yang merawat rumahnya. Ini juga peluang bagi anda untuk menyalurkan ART, yang bisa diamanati untuk menjaga dan membersihkan rumah tersebut selama pemiliknya sedang mudik. Dengan masuk di bidang bisnis ini, anda telah ikut membantu orang-orang yang kebingungan mencari ART, dan mengangkat perkonomian orang-orang yang sangat membutuhkan pekerjaan.

11. Usaha Jasa Laundry

Usaha jasa laundry juga cocok dijadikan bisnis saat bulan Ramadhan, karena bagi wanita karir usaha jasa ini sangat membantu. Bisnis usaha laundry ini akan banyak berjasa terutama saat lebaran karena banyak asisten rumah tangga yang pulang kampung sehingga tuan rumah malas untuk mencuci sendiri.

Modal usaha jasa laundry ini cukup besar, namun keuntungan yang didapat pun akan besar pula terutama di bulan Ramadhan dan lebaran. Jika Anda berminat membuat usaha ini, Anda harus menyediakan 2 – 3 mesin cuci dan setrika. Lakukan bisnis ini secara tekun agar pelanggan datang lagi dan lagi ke jasa laundry Anda.

12. Usaha Jasa Penyewaan Mobil

Usaha jasa penyewaan mobil atau rental mobil ini akan banyak dicari menjelang lebaran karena saat itu para perantau mudik ke kampung halaman. Tradisi mudik memang sudah mendarah daging di kalangan para perantau ibu kota. Alhasil, bagi pemudik yang kehabisan tiket memutuskan untuk menemui jasa rental mobil.

Bagi Anda yang memiliki mobil pribadi dan Anda tidak mudik, Anda dapat memanfaatkan peluang ini. Anda dapat menyewakan mobil Anda kepada para pemudik. Dijamin Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat karena biasanya saat lebaran tarif tiket pun naik sehingga banyak pemudik yang memutuskan untuk menggunakan jasa rental mobil. Kunci dalam menjalankan bisnis ini adalah kepercayaan dan keyakinan Anda kepada si penyewa.

13. Usaha Jasa Penitipan Kendaraan Bermotor

Usaha penitipan kendaraan bermotor juga marak dilakukan saat bulan Ramadhan, karena di akhir Ramadhan banyak orang mudik dan menitipkan kendaraannya agar lebih aman. Usaha penitipan kendaraan bermotor ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar, Anda hanya perlu menyiapkan lahan parkir yang cukup luas untuk memarkir kendaaraan.

Jika Anda ingin memulai usaha jasa penitipan kendaraan ini, Anda harus memikirkan fasilitas yang Anda berikan, seperti keamanan kendaraan, tempat agar kendaraan tidak kepanasan dan kehujanan. Fasilitas yang Anda berikan untuk usaha penitipan ini adalah kepuasan pelanggan.

14. Usaha Jasa Cuci dan Servis Kendaraan Bermotor

Saat Ramadhan, bagi pemilik kendaraan bermotor biasanya malas untuk mencuci kendaraannya karena mereka seharian penuh berpuasa dan melakukan aktivitas.

Kondisi tersebut merupakan peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha cuci kendaraan bermotor bahkan Anda dapat juga menambah fasilitas servis kendaraan. Selain itu, usaha jasa ini akan ramai dikunjungi saat lebaran terutama bagi pemudik yang sedang dalam perjalanan.

Kunci dalam membuka usaha ini adalah tempat yang strategis yang dapat dijangkau pelanggan serta pelayanan terbaik. Jika Anda memberikan pelayanan terbaik dalam usaha ini, pelanggan Anda tidak segan-segan untuk datang kembali menggunakan jasa Anda.

15. Usaha Jasa Travel dan Penjualan Tiket Online

Di Indonesia, saat Ramadhan adalah saat di mana seluruh masyarakat memiliki cuti bersama. Saat inilah dapat dijadikan usaha jasa travel dan penjualan tiket online bagi orang yang ingin berlibur bersama keluarga ke tempat wisata tertentu.

Usaha jasa travel dan penjualan tiket online ini dapat Anda jalankan saat bulan Ramadhan. Anda dapat menawarkan paket travel liburan ke tempat wisata tertentu. Tentunya untuk menarik pelanggan, Anda dapat memberikan paket travel yang bervariasi dengan fasilitas yang memadai. Anda juga dapat menjual tiket pesawat, bus, kapal laut maupun kereta secar online bagi pemudik.

Ada banyak sekali usaha di bulan Ramadhan yang berpotensi memberikan keuntungan berlipat. Anda bisa menjajal satu dari lima belas usaha diatas selama bulan puasa. Jangan takut merugi sebelum anda mencobanya terlebih dahulu.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *