Cara Mengobati dan Mengenal Penyebab Telinga Bindeng

Sebagai alat dengar telinga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan telinga kita bisa mendengar suara dan bunyi-bunyian yang ada disekitar kita. Namun terkadang ada saja masalah yang kerap muncul pada telinga salah satunya telinga berdenging atau yang sering kita sebut bindeng. Teling yang berdenging biasanya disebabkan karena ketidak seimbangan tekanan dalam telinga dan luar telinga, penyebab tersebut terjadi ketika kita berada dipesawat. Selain itu mendengarkan musik terlalu keras juga dapat menyebabkan telinga bindeng atau kemasukan air ketika mandi.

cara mengobati dan mengenal penyebab telinga gendeng

Pada setiap bagian-bagian telinga memiliki fungsinnya masing-masing seperti pada bagian luar telinga atau daun telinga memiliki peran penting untuk melindungi saluran auditor. Saluran ini akan dilindungi oleh kelenjar keringat yang dapat mengeluarkan partikel asing. Pada bagian tengah telinga terdapat tiga tulang terkecil yang ada ditubuh kita yaitu palu suara, sangurdi dan anvil yang menghubungkan gendang telinga dengan telinga bagian dalam yang memiliki alat pendengar.

Gendang telinga akan bergetar dan merubah inpuls saraf menjadi suara yang dapat kita tangkap. Telinga bindeng dalam istilah medis dikenal dengan sebutan tinnitus. Dalam kasusnya, telinga bindeng bukan merupakan masalah besar karena suatu saat bunyi dengingan tersebut dapat hilang dengan sendirinya. Jika anda memeriksakannya kedokter maka anda akan mengetahui penyebab mengapa telinga anda berdenging.

Ada dua jenis tinnitus yang dapat kita ketahui yaitu:

Tinnitus Pulsalite adalah suara yang keluar seperti detak jantung dan tinnitus jenis ini biasanya disebabkan karena suara yang berasal dari gerakan otot disekitar telinga.

Tinnitus Nonpulsalite disebabkan karena masalah pada saraf pendengaran dan dapat terjadi pada kedua telinga. Orang yang terkena tinnitus nonpulsalite biasanya kerap menderang bunyi yang berasal dari dalam kepala.

Untuk dapat mengatasi telinga berdenging, anda dapat memeriksakannya ke dokter THT untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu baru kemudian anda lakukan tindakan penanganan. Untuk saat ini memang belum ditemukan obat yang dapat mengatasi telinga bindeng mulai dari suplement hingga obat herbal belum ada yang mampu mengatasi telinga berdenging. Namun dalam kasus ini anda dapat membantu mengurangi keparahan tersebut dan harus berdasarkan resep dokter.

  • Alprazolam (Niravam, Xanax) – Obat ini dapat mengurangi gejala tinnitus namun memiliki efek samping yang dapat membuat kita mengantuk dan mual, bahkan hingga menyebabkan ketagihan.
  • Antidepresan Trisiklik – Obat ini hanya dapat digunakan pada tinnitus yang sudah parah dan memiliki efek samping yang kurang bagus juga seperti mulut kering, penglihatan kabur dan menyebabkan masalah pada jantung.

Mengatasi telinga bindeng memang sulit, namun meskipun sulit setidaknya dapat kita minumalisir salah satunya dengan cara mendengar bunyi-bunyian seperti alunan musik yang lembut serta kurangi konsumsi alkohol. Mengkonsumsi alkohol daat menyebabkan pembuluh darah melebar dan tentunya dapat mengalirkan darah lebih besar dari biasanya. Hal ini tentunya dapat memperparah kondisi telinga anda. Terimakasih.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *