4 Kuliner Indonesia Paling Diminati Wisatawan Asing

Indonesia memang kaya akan berbagai kuliner yang memiliki citarasa yang lezat dan unik. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kuliner dari negara ini masih kurang dikenal dibandingkan dengan negara-negara tetangganya. Meski demikian, setiap tahun kuliner Nusantara semakin terangkat namanya, sudah banyak wisatawan asing yang terpikat dengan makanan Indonesia. Beberapa bahkan telah menjadi favorit di luar negeri. Mau tahu apa saja makanan khas Indonesia yang paling disukai di ranah internasional? Simak daftar berikut!

Inilah makanan Indonesia yang sangat disukai di luar negeri:

1. Rendang

Rendang menjadi salah satu kuliner yang diinobatkan menjadi makanan paling enak sedunia, hal ini pun tertulis di salah satu situs terkenal yang berasal dari Inggris. Makanan dari Padang Sumatra Selatan ini memang memerlukan proses memasak yang sangat lama dengan membutuhkan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Hasilnya pun sangat memuaskan para penikmat kuliner rendang.

rendang

2. Nasi goreng

Nasi goreng adalah makanan sejuta umat, hampir semua orang menyukai kuliner ini, dan juga mudah ditemui di beberapa tempat, mulai dari pinggir jalan hingga restoran mewah.

Nasi goreng merupakan sajian nasi yang digoreng dalam sebuah wajan atau penggorengan yang menghasilkan cita rasa berbeda karena dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica dan kecap manis. Selain itu, ditambahkan bahan-bahan pelengkap seperti telur, sayur-sayuran, makanan laut, atau daging. Makanan tersebut seringkali disantap sendiri atau disertai dengan hidangan lainnya. Sebagai hidangan buatan rumah, nasi goreng biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang tersisa dari hidangan lainnya, yang berujung pada ragam yang tak terbatas.

nasi goreng

3. Sate

Banyak wisatawan yang sangat menyukai daging yang dimasak di tusukan bambu dan di lumuri bumbu kacang dan kecap ini. Bahan yang digunakan bisa dari daging mana saja, dan rasanya pun bervariasi. Sate pertama kali dijajakan oleh pedagang makanan di pinggir jalan di daerah Jawa pada abad ke 19. Sejak saat itu sate mulai terkenal ke berbagai negara termasuk Timur Tengah dan Asia Tenggara. Sate biasanya disajikan dengan saus kacang manis atau dengan kecap yang ditambah irisan bawang merah, cabe, tomat dan perasan air jeruk sambal. Sate dapat langsung dibakar diatas pemanggang di kompor atau di atas bara arang. Namun sate yang dibakar di atas bara arang tentu memiliki rasa yang lebih khas karena arangnya menghasilkan aroma yang sedap dan gurih.

sate

4. Soto

Makanan berkuah yang lezat ini juga menjadi favorit untuk sarapan di luar negeri. Baik varian dari Soto Lamongan hingga Soto Betawi, kuahnya yang lezat memang mengundang selera.

soto

Ternyata makanan khas dari Indonesia telah cukup mendunia! Meski masih banyak kuliner khas Indonesia lain yang belum ter ekspos, namun hal ini sudah menjadi tanda bahwa makanan khas Indonesia pun tidak kalah dengan kuliner dari negara lain. Mari kita lestarikan bersama harta  warisan dari nenek moyang yang sangat berharga ini.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *